Proses pengolahan dan pemasaran tepung sagu pada CV. Podomoro makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengolahan dan pemasaran tepung sagu pada CV. Podomoro Makassar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisa data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah dikumpulkan tentang proses pengolahan dan pemasaran tepung sagu pada CV. Podomoro Makassar meliputi pengolahan dan bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Saluran distribusi, dan Promosi. CV. Podomoro Makassar melaksanakan proses pengolahan tepung sagu melalui tiga tahapan yaitu : (1) pemilahan tepung sagu yang masih basah dan kering, (2) proses penggilingan, pengayakan, dan (3) pengemasan. Harga partai besar tepung sagu basah sekitar Rp. 5000,-/kg sedangkan harga tepung sagu kering dalam partai besar Rp. 7.500,-/kg (kelas bawah) dan Rp. 12.000,-/kg (kelas atas), sehingga dengan harga yang kompetitif tepung sagu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku atau bahan tambahan dalam produk olahan pangan. Tepung sagu disalurkan dari sentra-sentra poduksi langsung ke industri-industri yang membutuhkan. Tepung sagu yang diolah dan dipasarkan tersebut, 95% dipasarkan di Sulawesi Selatan Barat (SULSELBAR) khususnya di pasar tradisional yang memiliki penggilingan daging untuk membuat bakso. Serta 5 % nya penjualan terjadi melalui transaksi online diberbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak serta Lazada untuk menjangkau wilayah di seluruh Indonesia. Ketersediaan tepung sagu tidak perlu dikhawatirkan karena tepung sagu bukan bahan yang mudah basi sehingga dapat digudangkan selama setahun bila dikemas baik dalam kemasan hampa udara (vacum sealer), dengan demikian tepung sagu layak untuk di eksport.
Kesimpulan penelitian ini adalah Tepung sagu yang di produksi CV Podomoro adalah tepung sagu yang berkualitas tinggi. Strategi Pemasaran tepung sagu pada CV. Podomoro Makassar memiliki potensi pengembangan pasar yang sangat tinggi berdasarkan bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi