Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah PT.Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap loyalitas Nasabah PT.Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng. penelitian dilakukan dengan pengujian terhadap dua konsep besar dalam bidang meassurment yaitu validitas dan reliabilitas terhadap daftar pertanyaan yang digunakan. Pengujian validitas dan reliabilitas daftar pertanyaan ini dimaksudkan agar daftar pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang memenuhi syarat. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, Variabel-variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy yang diteliti meliputi : Tangible (X1), responsiveness (X2), Reliability (X3), assurance (X4), Empathy (X5) dengan model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan dengan bantuan SPSS 20,0 diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 27,639 + 0,283 X1 + 0,081 X2 + 0,034 X3 + 0,029 X4 +0,039 X5+ e. Persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi : tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT.Pegadaian, (Persero) Cabang Soppeng