Hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Akademi kebidanan andi makkasau
Abstract
Kehidupan akademik kampus terletak pada kunci motivasi belajar dan kemandirian belajar bagi mahasiswa agar mahasiswa mampu mandiri, proaktif, kritis, dan kreatif dalam mencapai prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Andi Makkasau. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dan menggunakan teknik korelasional dengan menggunakan instrumen angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 338 responden dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden dengan cara pengambilan sampel dengan teknik proporsional stratified random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasilnya dianalisis menggunakan koefisien korelasi dan regresi linier. N = 93 pada taraf signifikan 5%, batas penerimaan tabel rho = 0,199 dan taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis hubungan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar diperoleh rho = 0,456, sehingga nilai rho hasilnya lebih dari nilai rho tabel. Dengan demikian, variabel motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan variabel prestasi belajar memiliki hubungan dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan dalam kategori sedang antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan variabel prestasi belajar