Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat pada kantor kelurahan lemba Kecamatan lalabata kabupaten soppeng
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk Mendepkripsikan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa yang meliputi Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Empathy terhadap kepuasan masyarakat Kantor Kelurahan lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan pada populasi yang besar maupun kecil, tetapi yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi dan hubungan hubungan antara variable. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh masyarakat Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng yang berjumlah 4.291 jiwa. Analisis digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh kepuasan masyarakat terhadap pelayanan jasa pada Kantor Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan menggunakan rumus regresi linear berganda. Dari lima variabel yang mempengaruhi kepuasan masyarakat Kantor Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, variabel yang paling dominan adalah variabel Realibility (Kehandalan) berdasarkan hasil uji t. Variabel Realibiity (Kehandalan) mempunyai nilai thitung (5,155) > ttabel (1,986) paling besar dibandingkan dengan variabel lainnya, dengan signifikan yang disyaratkan