Pengaruh Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

  • Mutmainna Andi Sudirman
  • Asriana
  • Arnhy

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dapat meyakinksn kepercayaan eksekutif perusahaan bahwa CSR dapat membantu perusahaan mendapat pelanggan baru. Untuk alasan ini, konsumen harus diinformasikan mengenai masalah sosial dan lingkungan dan juga permintaan mengenai CSR. Dimensi CSR ini terdiri dari tiga sub variabel yaitu Economic Performance (X1), Social Performance (X2), dan Environment Performance (X3). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji bagaimana penerapan tanggung jawab sosial perusahaan dimata konsumen, (2) Mengkaji bagaimana minat beli konsumen, dan (3) Mengkaji bagaimana pengaruh penerapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi dan Asumsi Regresi Berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji F (simultan) dan Uji T (parsial). Dari penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan  (Economic Performance, Social Performance, Environment Performance) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Secara parsial Economic Performance berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, namun Social Performance dan Environment Performance tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

Published
2021-04-30
How to Cite
Mutmainna Andi Sudirman, Asriana, & Arnhy. (2021). Pengaruh Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 4(1), 50-57. https://doi.org/10.57093/metansi.v4i1.125