Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan (studi pada j&t cabang soppeng)
Abstract
Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan J&T memberikan kepuasan melalui pelayanannya, diperlukan riset pemasaran. Informasi dari hasil riset pemasaran tersebut bertujuan mengetahui sikap dan perilaku para pelanggan terhadap apa yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan menjadi pelanggan J&T Cabang Soppeng. Untuk melakukan pengukuran kualitas pelayanan, digunakan dimensi-dimensi kualitas pelayanan, yaitu: bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Pengukuran ini dikenal sebagai service quality model. Pelayanan menekankan pada aspek kepuasan konsumen sehingga dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas kepada perusahaan yang telah memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah para pelanggan J&T Berlokasi di Jl Kalino Soppeng. dalam penelitian ini digunakan 100 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. hasil analisis regresi linear berganda dan uji F terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara serempak antara variabel bukti langsung (X1), variabel keandalan (X2), variabel daya tanggap (X3), variabel jaminan (X4) dan variabel empati (X5) sebagai dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan J&T Cabang Soppeng