Analisis Pengaruh Kepribadian Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur

  • Imriani Idrus

Abstract

Proses belajar mengajar terdapat dua subyek  yang berperan yaitu dosen dan mahasiswa. Hal ini mengimplikasikan bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi dosen dan mahasiswa yang didasari oleh hubungan yang bersifat mendidik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Dosen memiliki tugas dan tanggung jawab yang kompleks terhadap pencapaian belajar. Dosen tidak hanya dituntut menguasi ilmu yang akan diajarkannya, tetapi juga dituntut menampilkan kepribadian yang mampu menjadi teladan bagi mahasiswanya dan memberi motivasi belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh kepribadian dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar secara simultan, (2) untuk mengetahui pengaruh kepribadian dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar secara parsial (3) untuk menganalisis variabel yang dominan dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V yang aktif berjumlah 100 orang di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur   , dengan teknik sampling yang digunakan adalah menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner kepribadian dosen, motivasi belajar dan hasil belajar. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis data untuk regresi linier. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) kepribadian dosen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa baik secara simultan maupun parsial, (Fhit=97.623 >Ftab=2.44 ) dan ( thit=2.930 > ttab=1.677); (2) motivasi belajar mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa baik secara simultan maupun parsial ((Fhit=97.623 >Ftab=2.44 ) dan ( thit=4.506 > ttab=1.677 ); (3) Variabel yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa adalah variabel motivasi belajar mahasiswa (r2 motivasi belajar= 30.1% dan r2 kepribadian dosen = 15.4% ).

Terbukti bahwa motivasi belajar mahasiswa sangat menentukan hasil belajar mahasiswa , baik yang berasal dari dirinya maupun yang berasal dari lingkungan sekitarnya walaupun tidak terlepas dari hal yang lain yaitu kepribadian dosen yang juga turut berperan dalam menentukan hasil belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur

Published
2021-10-30
How to Cite
Imriani Idrus. (2021). Analisis Pengaruh Kepribadian Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 4(2), 1-6. https://doi.org/10.57093/metansi.v4i2.129