Pengaruh Harga Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’malaka Watansoppeng

  • Asnia Minarti
  • Muh. Rayhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh harga dan suasana cafe terhadap kepuasan konsumen pada Café d’Malaka Watansoppeng. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan dari Café d’Malaka Watansoppeng dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y = 0,963 + 0,299X1 + 0,217X2. Dimana variabel Kepuasan Konsumen (Y), variabel Harga (X1) dan variabel Suasana Cafe (X2). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,584 menunjukkan bahwa 58,4 persen variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 41,6 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini

Published
2021-10-30
How to Cite
Asnia Minarti, & Muh. Rayhan. (2021). Pengaruh Harga Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’malaka Watansoppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 4(2), 15-22. https://doi.org/10.57093/metansi.v4i2.131