Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Sektor Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Sukma Aini
  • Mutmainna Andi Sudirman
  • Fahny Ananda Permatasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rasio profitabilitas Net Profit Margin (NPM) sebelum dan selama pandemi covid-19 pada perusahaan sektor jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dan untuk mengetahui perbedaan rasio profitabilitas Return On Asset (ROA) sebelum dan selama pandemi covid-19 pada perusahaan sektor jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Lokasi penelitian adalah di kantor perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berlokasi di Jl. A.P. Pettarani No. 9, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penelitian ini juga dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi Bursa Efek Indonesia yaituwww.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan jas sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 35 perusahaan, pemilihan sampel untuk penelitian ini dilakukan teknik Purposive Sampling yaitu populasi yang dijadikan sampel adalah populasi yang memenuhi kriteria tertentu sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 21 perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengetahui perbandingan rasio profitabilitas sebelum dan selama pandemi covid 19, maka digunakan analisis Uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kinerja rasio profitabilitas Net Profit Margin (NPM) sebelum dan selama pandemi covid-19 pada perusahaan sektor jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia., terdapat perbedaan signifikan kinerja rasio profitabilitas Return On Asset (ROA) sebelum dan selama pandemi covid-19 pada perusahaan sektor jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

References

Amri, A. (Vol.2 No.1 Juni 2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand.

Anugrah, F. (n.d.). Perbandingan profitabilitas sebelum dan sesudah privatisasi pada PT.Wijaya Karya tbk.

Esomar, M. J., & Chritianty, R. (7(2) Mei 2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor jasa di BEI. Jurnal konsep bisnis dan manajemen.

Fadi, A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap pendapatan UMKM di desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Skripsi Administrasi Bisnis.

Farida Efrayanti, R. A. (Vol.3, No. 2, September 2012). Analisis Kinerja Keuangan Sebagai Dasar Investor Dalam Menanamkan Modal pada PT.Bukit Asam,Tbk. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Hilman, C., & Laturette, K. (Vol. 18 No. 1 Maret 2021). Analisis perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan saat pandemi covid-19. Balance:Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan.

Pontoh, N., Pelleng, F. A., & Mukuan, D. D. (2016). Analisis profitabilitas pada PT.Pegadaian(Persero)kanwil V Manado. Jurnal Administrasi Bisnis.

Rabuisa, W. F., Runtu, T., & Wokas, H. (Vol.13 No.2 2018). Analisis laporan keuangan dalam menilai kinerja keuangan perusahaan pada Bank Perkreditan Rakyat(BPR) dana raya Manado. Jurnal riset akuntansi going concern.

Rasid, A. U. (Vol.1 No.1 April 2018). Analisis profitabilitas pada PT.Fast Food Indonesia Tbk. Gorontalo Management Research.

Rifai, M., Junaidi, & Kartika Sari, A. F. (Vol.09 No.06 Agustus 2020). Pengaruh peristiwa pandemi covid-19 terhadap indeks harga saham gabungan. E-JRA.

Riswan, & Kesuma, Y. F. (2014). Analisis laporan keuangan sebagai dasar dalam penilaian kinerja keuangan PT.Budi Satria Wahana Motor. Akuntansi dan Keuangan .

Rosita, R. (Vol.9 No. 2, November 2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis.

Sam, R. Z. (2018). Analisiskinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. skiripsi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis .

Sipahelut, R. C., Murni, S., & Rate, P. V. (n.d.). analisis kinerja keuangan perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI. ISSN 2303-1174 .

Soukotta, R. A., Manoppo, W., & Kelles, D. (2016). Analisis profitabilitas pada PT.Bank Negara Indonesia 1946 Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis.

Y. B., E. S., & A. M. (Vol. 2 No. 1(Juni 2021)). Analisis perbandingan profitabilitas bank umum syariah sebelum dan selama pandemi covid-19. E-journal Al-Fiddoh Febi IAIN Kerinci
Published
2022-04-30
How to Cite
AiniS., Andi SudirmanM., & Ananda PermatasariF. (2022). Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Sektor Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(1), 9-16. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i1.150