Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa hasil kerja karyawan CV. Lacokkong Berkah mempunyai kinerja yang belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan sebagian karyawan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Selain itu, beberapa karyawan bekerja tidak sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan, dan bahkan masih ada karyawan yang belum dapat menuntaskan pekerjaannya dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan pada CV. Lacokkong Berkah, Desa Congko, Kecamatan Marioriwa Kabupaten Soppeng, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan ,, Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga sampel Dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng sebanyak 17 orang. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan maka digunakan teknik Analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja karyawan pada CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng, maka dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada pihak CV. Lacokkong Berkah Kabupaten Soppeng agar dalam meningkatkan Kinerja karyawan sebaiknya memperhatikan dan lebih meningkatkan indikator Fasilitas yang disediakan yang mendukung pekerjaan, karena memiliki persentase yang lebih rendah demanding indikator yang lain
References
Adawiah. (2021) . Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen UPP STIM YKPM
Afshan Sultana, dkk, (2012), Impact Of Training On Employee Performance : A study Of Telecommunication Sector In Pakistan, Interdisciplinary Journal Of Contemporary Ressearch In Business, Vol. 4, No. 6, October, pp. 646- 661
Atik,dan ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Edy Sutrisno. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Dessler, Gary. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 1.Jakarta : PT. Indeks.
Dessler, Gary. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid 2.Jakarta : PT. Indeks
Handoko, T. Hani, (2008), Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, edisi kedua, Yogyakarta : BPFE.
2002 .Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi perkasa
Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu
Koopmans, L., et al. (2014). Construct Validity of The Individual Work Performance Questionnaire. Journal of Occupational and Environment Medicine: 56(3).
Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.
Hasan, M. Iqbal, (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor : Ghalia Indonesia,
Husein Umar. (2005). Riset SDM Dalam Organisasi. Jakarta : PT SUN