Pengaruh Iklan Online Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Iklan Online melalui Facebook terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng, Pengaruh Iklan Online melalui Instagram terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dan dengan menggunakan teknik accidental sampling, diambil 70 pembeli sebagai sampel. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, studi pustaka, kuesioner. Sedangkan metode analisis Regresi Berganda. Hasil pengolahan- analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 25, diperoleh nilai konstanta sebesar 18,491, jika nilai X1 dan X2 dianggap 0 Maka nilai dari Y adalah sebesar 18,491 dan b artinya variabel Iklan Online Melalui facebook(X1) dan Iklan Online Melalui Instagram (X2) berpengaruh positif terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan (Y) dan apabila variabel Iklan Online Melalui facebook(X1) dan Iklan Online Melalui Instagram (X2) meningkat satu satuan, maka Peningkatan Jumlah Pelanggan (Y) akan meningkat sebesar 0,041 dan 0,003 satuan dengan asumsi X1 dan X2 konstan. Hasil penelitian ini menyimpulkan Iklan Online melalui Facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng, Iklan Online melalui Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan jumlah pelanggan pada Mine Coffee Soppeng, Iklan Online melalui Facebook paling Dominan berpengaruh terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng. Mine Coffee harus lebih gencar memperbesar jangkauan pasarnya melalui iklan Facebook agar peningkatan jumlah pelanggan melalui iklan Facebook semakin meningkat, Mine Coffee harus lebih gencar memperbesar jangkauan pasarnya melalui iklan Instagram agar peningkatan jumlah pelanggan melalui iklan Instagram semakin meningkat
References
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Djaslim, Saladin, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Linda Karya, Bandung
Djaslim Saladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
______________, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York
H. Simatupang Taufik, 2004. Aspek Hukum Periklanan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen, Ctk. Pertama, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta
_____________, 2004, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo
____________.2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 11 jilid 2. Alih bahasa : Benyamin Molan. Penerbit Indeks. Jakarta
____________, 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
____________. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (Edisi 13). U.S.A : Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2005. Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, edisi bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip, A.B Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, 2001
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Laksono, F. 2008, Manajemen pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta