Analisis Literasi Keuangan dan Pendapatan Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Terhadap Keputusan Investasi

  • Andi Hafidah Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Jumiati Nurdin Universitas Indonesia Timur

Abstract

Literasi keuangan adalah kemampuan untuk memahami pro dan kontra dari suatu keputusan keuangan, mempertimbangkan biaya dan dengan percaya diri memutuskan apa yang harus dilakukan. Literasi keuangan merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjawab permasalahan yang sedang dihadapi dengan mengumpulkan data literasi keuangan bagi masyarakat dalam pengelolaan keuangan agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan kredit dan tidak adanya perencanaan keuangan. Sampel penelitian adalah 50 responden dari civitas akademika. Metode yang digunakan adalah probability sampling, purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan dan pendapatan dalam pengelolaan keuangan masyarakat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi

References

Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan serta Masa Bekerja terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(7), pp. 1867-1894.
Ferdinand, A., 2014. Metode Penelitian Manajemen. 5 ed. Semarang: BP. Universitas Diponegoro.
Fitriarianti, B., 2018. Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan terhadap Keputusan Berinvestasi, Banten: Proseding Seminar Nasional Akuntansi.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2022. Siaran Pers: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat. [Online]
[Accessed Senin November 2022].
Rumbianingrum, W. & Wijayangka, C., 2018. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA), 2(3), pp. 155-163.
Safryani, U., Aziz, A. & Triwahyuningtyas, N., 2020. Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Pendapatan terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan (JIAKES), 8(2), pp. 319-332.
Sugiono, 2016. Metode Penelitian Manajemen. 3 ed. Bandung: Alfabeta.
Suhartanto, D., 2014. Metode Riset Pemasaran. - ed. Bandung: Alfabeta.
Yushita, A. N., 2017. Pentingnya Literasi Keuangan bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, VI(1), pp. 11-26
Published
2022-10-31
How to Cite
HafidahA., & NurdinJ. (2022). Analisis Literasi Keuangan dan Pendapatan Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 155-161. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i2.174