Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia

  • Nur Achriaty Universitas Lamappapoleonro
  • Syafaah Putri Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel intervening. Data dalam penelitian ini, menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 68 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 23 perusahaan, periode Tahun 2019 sampai dengan 2022. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan mampu memediasi hubungan Value Added Capital Employed (VACA) dan Structural Capital Value Added (STVA) terhadap Nilai Perusahaan. Sementara Value Added Human Capital (VAHU) terhadap Nilai Perusahaan melalui Kinerja Keuangan tidak mampu memediasi hubungan kedua variabel tersebut

References

Alkhalifa, Adis. 2013. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Nilai Perusahaan. Jakarta.
Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide to Indonesian Capital Market). Jakarta: Mediasoft Indonesia
BAPEPAM LK. (2011). Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.
Bontis, Nick. (2001). Intellectual Capital: an Exploratory Study that Develope Measure and Models. Manajemen Decision. Volume.36. Nomor.2.
Chen, Ming-Chin, et. al. 2005. An Empirical Investigation of Relationship Between Intellectual Capital and Firm’s Market Value and Financial Performance. Journal of Intellectual Capital. Vol. 6 No. 2, pp. 159-176. Bradford.
Dewi C.P. 2011. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2009. Universitas Diponegoro Semarang.
Diva Cicilya dan MI Mitha, 2014. Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Diwaf, dkk. 2012. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Market Value pada Perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI tahun 2006-2011. Jurnal Prodi Manajemen Universitas Riau.
Euphrasia Susy Suhendra, 2015. Pengaruh Modal Intelektual pada Nilai Perusahaan terhadap Manufaktur Kinerja di Indonesia. Universitas Gunadarma.
Fabozzi, Frank J., dkk, 1999. Pasar dan Lembaga Keuangan. Buku Satu. Diterjemahkan oleh Chaerul Djakman. Jakarta Slemba Empat.
Fadillah Ilham, 2016. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur. Artikel Ilmiah pada STIE Perbanas Surabaya.
Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabeta
Firer, S dan Williams, M. 2003. Intellectual Capital and Traditional Measures of Corporate Performance. Journal of Intellectual Capital. Vol. 4 No. 3, pp. 348-360.
Ghozali, Imam. 2014. “Ekonometrika Teori Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.

Harahap. 2014. Pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012. Jurnal Program Studi Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayati, Eva. 2010. “Analisis Pengaruh DER, DPR, ROE, dan Size Terhadap PBV Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2005-2007”. Tesis. Undip
Published
2023-04-28
How to Cite
AchriatyN., & PutriS. (2023). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(1), 64-71. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i1.184