Optimalisasi Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Dan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Di Amik Luwuk Banggai

  • Yusri Yusri AMIK Luwuk Banggai
  • Andi Syadaruddin STISIPOL Pettabaringeng Soppeng

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi antarpribadi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan AMIK Luwuk Banggai; (2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala komunikasi antarpribadi karyawan AMIK Luwuk Banggai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat, dan gagasan yang dikumpulkan peneliti dari berbagai sumber. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di AMIK Luwuk Banggai melalui responden karyawan, tenaga kependidikan, dan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan yang ditetapkan oleh Manajemen AMIK Luwuk Banggai; meliput: 1) keterbukaan; 2) empati; 3) dukungan; 4) rasa positif; 5) kesetaraan, Penelitian ini menemukan bahwa dalam meningkatkan kinerja karyawan, dibutuhkan aspek komunikasi antarpribadi tersebut demi menjalin hubungan antar pimpinan dan karyawan dan mempertahakan nama sebuah institusi. Selain itu, peneliti menemukan bahwa hubungan yang baik antar pimpinan dan karyawan berpengaruh dengan kenyamanan karyawan dalam meningkatkan kinerja karena adanya hubungan yang harmonis antar sesama, empati-empati yang diberikan oleh pimpinan sehingga karyawan merasa nyaman. Oleh karenanya karyawan ingin memberikan kinerja yang terbaik untuk institusi. Peneliti menemukan bahwa adanya kendala-kendala komunikasi antarpribadi tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja karyawan karena dapat dengan mudah diatasi, dikarenakan hubungan yang telah terjalin baik satu sama lain antara pimpinan dan karyawan

References

Arni, Muhammad. 2005. Komunikasi Organisasi (Cet. Ke-10). Jakarta: Bumi Aksara.
Aw, Suranto. Komunikasi Interpersonal. 2011. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Boni Sahat Tua. 2017. Komunikasi Antarpribadi Pimpinan dan Pegawai Meningkatkan Motivasi Kerja di Kantor Desa Bayun Kabupaten Siak. Jom Fisip. Volume 4 No. 2.
https://media.neliti.com/media/publications/139130-ID-komunikasi- antarpribadi-pimpinan-dan-peg.pdf. 13 Januari 2020.
Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Diana Vivanti Sigit. 2013. Pengaruh Budaya institusi, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan dalam Mengelola Lingkungan. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan. Volume 1 Edisi 2.
Farisya Wulandari. 2017. Pengaruh Komunikasi Antarpribadi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Katalogis. Volume 5 Nomor 3.
https://media.neliti.com/media/publications/139130-ID-komunikasi- antarpribadi-pimpinan-dan-peg.pdf diakses pada 13 Januari.
Hafied Cangara,2011 Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Handoko, T. Hani. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta. Liberty Ida
Nur Khasanah. 2017. Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
J. A Devito, 2002. Komunikasi Antar Manusia Jakarta:Profesional Books.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi (cet. 7). Jakarta: Kencana Penadamedia Group.
Moeheriono, 2010, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Cetakan kedua, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Onong Uchjana Effendy, 1993. Dasar-dasar Komunikasi Jakarta: PT Remaja Rosdakarya,1993.
Pace, Wayne dan Don F. Faules. 2013. Komunikasi Organisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja institusi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purba, Amir dkk, 2006, Pengantar Ilmy Komunikasi. Medan: Penerbit Pustaka Bangsa Press.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ririn Gustiawati. 2013. Pola Komunikasi antara Pimpinan dan Staf di Yayasan Wakaf Khadijah Aisyah Pasanggrahan Jakarta Selatan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Suci Sri Wahyuni. 2017. Hubungan Antara Pola Komunikasi dan Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Makassar Ahmad Yani (Persero) Tbk. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Sugiyo. 2005. Komunikasi Antarpribadi. Semarang. UNNES Press.
Sukadamai Gea. 2016. Komunikasi Antarpribadi Pimpinan dengan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Kentucky Fried Chicken (KFC) Suzuya Binjai. Jurnal Commed. Volume 1 No 1
Published
2023-04-28
How to Cite
YusriY., & SyadaruddinA. (2023). Optimalisasi Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Dan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Di Amik Luwuk Banggai. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(1), 83-91. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i1.186