Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Pada Produk Mie Instan Lemonilo)

  • Damai Yanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Miguna Astuti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Populasi penelitian adalah keseluruhan konsumen generasi Z yang telah membeli atau mengkonsumsi produk mie instan Lemonilo di wilayah DKI Jakarta dengan sampel sebanyak 137 orang menggunakan teknik purposive sampling. Lalu, analisis data menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan orientasi pasar sebesar 0,594 dan inovasi produk 0,293 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada produk mie instan Lemonilo. Nilai koefisien determinasi yang dijelaskan oleh orientasi pasar dan inovasi produk yaitu sebesar 57,9%. Sedangkan sisanya sebesar 42,1% disebabkan oleh faktor lainnya yaitu seperti orientasi kewirausahaan, persepsi dan tingkat harga, kreativitas produk, kualitas produk, strategi diferensiasi, pemasaran media sosial, dan lain-lain.

References

Annur, C. M. (2022). Gaet NCT, Compas Dashboard Temukan Penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/12/gaet-nct-compas-dashboard-temukan-penjualan-mi-instan-lemonilo-melonjak-154

Armstrong, G., Kotler, P., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (Eight Euro). Pearson Education.

Brama, K. V., & Afuan M. (2019). The Influence of Product Innovation and Market Orientation on the Competitive Advantages of Bengkuang Processed Products in Padang. International Journal of Latest Engineering and Management Research (IJLEMR), 04, 31–38.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 18–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.357

Ekarina. (2020). “Kiat Indofood Era Pandemi, Luncurkan Varian Baru hingga Game Online .” Katadata.co.id. https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f6c9c4603fda/kiat-indofood-era-pandemi-luncurkan-varian-baru-hingga-game-online

Fitriana, I. N., & Cahyanti, M. M. (2022). Peran healthy lifestyle dan advertising intrusiveness terhadap repurchase intention mie instan Lemonilo. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(1), 112–119. https://doi.org/10.21067/jem.v18i1.6451

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (Ukm) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 8–21. https://doi.org/10.23958/ijsei/vol04-i08/02

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2021). Principles of Marketing (18 edition). Pearson Education.

Lestari, E. A. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. UB Press.

Mulya, A. A., Tineke, W., & Yanto, N. I. (2021). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industri Pengolahan Makanan Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota KotaMobagu). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3.

Nesi, K., Zulkarnain, & Lestari, G. R. (2022). Strategi meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi, Orientasi Pasar dan Kewirausahaan Pada Coffee Shop di Kota PekanBaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10, 244–255.

Oktavia, A., & Sriayudha, Y. (2020). Strategi Orientasi Pasar : Konsep dan Implementasinya Bagi Usaha Kecil dan Menengah. Salim Media Indonesia (SMI).

Olavia, L. (2023). Mie Instan, Produk Paling Laris yang Dibeli Gen Z di Online. https://katadata.co.id/lonaolavia/digital/63d4fd8f4cf87/mie-instan-produk-paling-laris-yang-dibeli-gen-z-di-online

Pahlevi, R. (2022). Penjualan Mi Instan Terus Meningkat dalam 5 Tahun Terakhir. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/penjualan-mi-instan-terus-meningkat-dalam-5-tahun-terakhir

Pangestu, A. M., & Pratama, M. P. (2022). Pengaruh Iklan Televisi, Healthy Lifestyle, dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kecamatan Kebumen).

Rahman, D. F. (2022). Ini 10 Kota dan Kabupaten yang Masyarakatnya Paling Sering Makan Mi Instan pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/22/ini-10-kota-dan-kabupaten-yang-masyarakatnya-paling-sering-makan-mi-instan-pada-2021#:~:text=Kabupaten Murung Raya%2C Kalimantan Tengah,kapita per minggu pada 2021.

Rahmawati, A. A. D. (2021). Wow! Indonesia Negara Pemakan Mie Instan Terbanyak ke-2 di Dunia. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5678459/wow-indonesia-negara-pemakan-mie-instan-terbanyak-ke-2-di-dunia

Reta, T. A., & Leksono, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Lemonilo. Simposium Manajemen Dan Bisnis.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo). ALFABETA.

Tomczak, T., Kuss, A., & Sven Reinecke. (2017). Strategic Marketing Market-Oriented Corporate and Business Unit Planning. Springer Gable. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-658-18417-9

Zuhri, A. F., & Susanto, P. (2022). The Influence of Market Orientation and Product Innovation on Competitive Advantage. Marketing Management Studies, 3, 267–273.
Published
2023-10-11
How to Cite
YantiD., & AstutiM. (2023). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Pada Produk Mie Instan Lemonilo). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 151-161. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.201