Pengaruh Price, Promotion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Aplikasi Konsumen Mcdonald’s Di Jakarta)

  • Terren Haekal Wiramawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Diana Triwardhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Price, Promotion, Brand Image, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada aplikasi McDonald’s. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi McDonald’s di Jakarta dengan pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang didapatkan sampel sebanyak 100 responden dengan cara penyebaran kuesioner. Alat pengolahan data untuk membantu menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan Smart PLS versi 4.0.9.3. Hasil dari penelitian ini adalah (X1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sampel 0,349, (X2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai original sampel 0,215, dan (X3) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai original sampel 0,398 sedangkan kontribusi variabel (X1) Harga, (X2) Promosi, dan (X3) Citra merek secara bersama-sama ditunjukkan dengan nilai R-squared adjusted sebesar 74,50% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 25,50% disebabkan oleh faktor lain diluar yang ada pada model penelitian ini.

References

Fawzi, M., Iskandar, A., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN.
Firmansyah, A. (2018). PERILAKU KONSUMEN. https://www.researchgate.net/publication/329587407
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (Edisi 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. R., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I., Hasan, M., Utomo, K., Bairizki, A., Lestari, A., Rahayu, D., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). PERILAKU KONSUMEN. digilib.uinsgd.ac.id/40791/1/PERILAKU%20KONSUMEN%20CETAK.pdf
Istighfarin, R., Fitriani, F., & Hapsyah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian McDonald’s Taman Pinang Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19.
Kotler, & Keller. (2017). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Pretice Hall, Inc.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas. Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN.
Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Syarifudin. (2019). CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN.
Trinaldi, & Djawoto. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MC DONALD’S BASUKI RAHMAT SURABAYA Djawoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Zusrony, E. (2021). PERILAKU KONSUMEN DI ERA MODERN.
Published
2023-10-11
How to Cite
WiramawanT. H., & TriwardhaniD. (2023). Pengaruh Price, Promotion, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Aplikasi Konsumen Mcdonald’s Di Jakarta). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 242-252. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.202