Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Kawasan Wisata Permandian Alam Lejja

  • Puji Rahmah Universitas Lamappapoleonro
  • Surianti Surianti Universitas Lamappapoleonro
  • Asnia Minarti Universitas Lamappapoleonro
  • Muchlis Abbas Universitas Lamappapoleonro
  • Amrial Amrial Universitas Lamappapoleonro
  • Nanna Amriana Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Kawasan Wisata Alam Lejja, sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada Kawasan Wisata Alam Lejja.

Penelitian ini dilakukan pada Kawasan Wisata Alam Lejja yang berlokasi di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, penentuan responden dalam penelitian ini yaitu dengan metode purposive sampling, yakni penentuan responden dari populasi dengan kriteria tertentu. Kriteria untuk menentukan responden dalam penelitian ini diantaranya: Kriteria untuk menentukan responden dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus slovin karena besarnya jumlah populasi untuk memperoleh sampel yang lebih kecil, namun dapat mewakili seluruh populasi Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Kawasan Wisata Alam Lejja, maka digunakan analisis regresi linear berganda

Dari hasil analisis regresi sederhana, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Wisata Alam Lejja. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Kawasan Wisata Alam Lejja. maka dapat diberikan saran sebagai berikut Bagi pengelola KAwasan Wisata Alam Lejja, Demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan pada kawan wisata tersebut. Dalam hal ini penulis memberikan masukan kepada pengelola kawasan wisata alam lejja diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pengunjung, sehingga para pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh kawasan wisata alam lejja dan bagi Peneliti, Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan Untuk Penelitian selanjutnya  juga dapat melibatkan metode pengumpulan data yang berbeda, seperti wawancara mendalam, observasi, atau survei yang lebih luas. Dengan menggunakan beragam metode, akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif dan mendalam tentang persepsi dan pengalaman pengunjung terhadap kawasan wisata.

References

Adawiah, Andi Manajemen Sumber Daya Manusia (Konflik dan Produktivitas Sumber Daya Manusia). 2023. Sumber Daya Manusia (Konflik. I. eds. M.Si Dr.Asmini, SE. and M.Si Yusri, S.Sos. Banyumas, jawa Tengah: Amerta Media. https://drive.google.com/file/d/1GtDsRtr5DBvKD9hSQKW9uc0uaLj3kSrI/view?usp=sharing.
Amrial, Citra Ayu Sari, Umrah T. 2020. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Soppeng.” Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi) 3(1): 28–37. https://journal.metansi.unipol.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/view/93.
Amrial. 2018. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada Pt . Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng.” Jurnal METANSI 1: 66–74.
Minarti, Asnia. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng.” Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” 2(2): 31–37.
Minarti, Asnia, Verry Ginoga, and Erpiana Erpiana. 2023. “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Di CV. Nusantara Sakti Group Soppeng.” Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi) 6(1): 24–30.
Minarti, Asnia, and Agra F R Wulandari. 2021. “Analisis Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Alfamidi Kemakmuran Watansoppeng).” 4(April): 58–65.
Nurul, Mutiara et al. 2021. “Tantangan Mewujudkan Ekowisata Sungai Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Manusia Dan Melindungi Keanekaragaman Hayati Di Indonesia.” Indonesian Journal of Conservation 10(2): 72–77. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc.
Rahmah, Puji, Aiman Muhtadbillah, and Nurdaya. 2021. “KEPUASAN PELANGGAN ” Studi Pada J & T Cabang Soppeng ”.” 4(April): 66–73.
Rahmah, Puji, Andi Baso Rajeng, and Erpiana. 2020. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Pengadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng.” Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” 3(2): 46–52. https://journal.metansi.unipol.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/view/106%0Ahttps://journal.metansi.unipol.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/download/106/100.
Sibajat, Owin Hardiansyah, Vivi Iwanti Nursyirwan, and Yenny Cahyani. 2023. “Jurnal Ilmiah M-Progress.” 13: 47–58.
Suhartapa, Suhartapa. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Indonesia Kaya Semarang.” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya 13(2): 99–107.
Surianti. 2019. “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Setia Kawan Motor Di Kabupaten Soppeng.” 2: 7–14.
Surianti, Muchlis Abbas, Faldi Heryadi, and Universitas Lamappapoleonro. 2022. “PENGARUH IKLAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN.” 5: 101–6.
Published
2023-10-11
How to Cite
RahmahP., SuriantiS., MinartiA., AbbasM., AmrialA., & AmrianaN. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Kawasan Wisata Permandian Alam Lejja. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 174-182. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.221