Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Tehadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah

  • Andi Zulfayani Universitas Lamappapoleonro
  • Nurmilasari Nurmilasari Universitas Lamappapoleonro
  • A.Muh Nurul Afdhal Universitas Lamappapoleonro
  • Asmi Rahayu Universitas Lamappapoleonro
  • Nur Achriaty Universitas Lamappapoleonro
  • Indri Nurfadilla Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Pemahaman terkait literasi keuangan syariah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi minat seseorang untuk menggunakan produk dan layanan bank syariah. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman literasi keuangan syariah sekaligus pengaruhnya terhadap minat mahasiswa menggunakan produk dan layanan bank syariah, khususnya bagi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Lamappapoleonro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner terbuka yang disebar ke 22 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah mahasiwa Akuntansi Universitas Lamappapoleonro masih sangat rendah. Dilihat dari kurangnya ketertarikan mahasiswa dalam bidang keuangan syariah. Hal ini terlihat dari masih minimnya pengetahuan mahasiswa tentang konsep bank syariah, masih minimnya pemahaman mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvensional, belum memahami kelebihan-kelebihan dari bank syariah sehingga minat menggunakan produk dan layanan bank syariah juga masih rendah. Dengan demikian saran dan rekomendasi bagi Program Studi Akuntansi Universitas Lamappapoleonro agar melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah mahasiswa, melalui desain pembelajaran Akuntansi Perbankan Syariah yang berkelanjutan atau menjalin kerjasama dengan pihak bank syariah untuk melakukan orientasi dan sosialisasi ke mahasiswa terkait literasi keuangan syariah sehingga mampu meningkatkan minat mahasiswa untuk menggunakan produk dan layanan bank syariah.  

References

Achriaty, N., & Putri, S. (2023). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(1), 64–71. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i1.184
Adawiah, A. M. S. D. M. (Konflik dan P. S. D. M. (2023). Sumber Daya Manusia (Konflik (M. S. Dr.Asmini, SE. & M. S. Yusri, S.Sos. (eds.); I). Amerta Media. https://drive.google.com/file/d/1GtDsRtr5DBvKD9hSQKW9uc0uaLj3kSrI/view?usp=sharing
Ade Gunawan. (2022). Pengukuran Literasi keuangan Syariah dan Literasi Keuangan (Muhammad Arifin (ed.); Pertama). UMSU Press.
Adiyanto, M. R., Setyo, A., Purnomo, D., & Madura, U. T. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.
Andi, Z., Nurmilasari, & Dahniar. (2022). Perlakuan Akuntansi Persediaan Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Pendapatan Daerah (Bpkpd) Kabupaten Soppeng. 5, 137–142.
Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., Alhada, M., & Habib, F. (2022). Pengaruh literasi keuangan , literasi digital , digital marketing , brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 4971–4982.
Erika Firdiana. (2021). PENGARUH LITERASI EKONOMI SYARIAH TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Vol. 4, Issue 2015).
Masri Singarimbun, S. effendi. (1995). Metode Penelitian Survai (Kedua). PT. Pustaka LP#ES Indonesia.
Muhammad Ikbal Falevy, Suryani, P. D. P. (2022). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan persepsi mahasiswa jabodetabek terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah. A-Nisbah : Jurnal Perbankan Syariah, 3, 1–21.
Nadila. (2021). Pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat mahasiswa menggunakan produk bank syariah. IAIN Palopo.
Resti Fadhilah Nurrohmah dan Radia Purbayati. (2018). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 140–153.
Rizal Yaya, A. E. M. dan A. A. (2016). Akuntansi Perbankan Syariah (Dedy A. Halim (ed.); 3rd ed.). Penerbit Salemba Empat.
Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1, 79–106.
Soulthan Saladin Batubara, Delyana Rahmawany Pulungan, M. Y. (2020). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 7597(1), 23–37.
Wasilah, S. N. dan. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia (Ema Sri Suharsi (ed.); 4th ed.). Penerbit Salemba Empat.
Yoyo Sudaryo, Nunung Ayu Sofiati, R.Adam Medidjati, A. H. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form (Erang Risanto (ed.); Pertama). CV. Andi Offset.
Published
2023-10-11
How to Cite
ZulfayaniA., NurmilasariN., Nurul AfdhalA., RahayuA., AchriatyN., & NurfadillaI. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Tehadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 201-207. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.223