Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK Negeri 4 Soppeng Kabupaten Soppeng

  • Safira Febrilianti Universitas Lamappapoleonro
  • Fitria Widyarti Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Pembelajaran Daring berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng, sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Metode pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng.

Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMKN 4 Soppeng, yang  bertempat di Lappacabbu, Kelurahan Botto Kecamatan Lalabaata Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, Penentuan sampel menggunakan Teknik Perposive Sampling , yaitu teknik pengambilan sampel dengan criteria dan pertimbangan tertentu. Sehingga ditetapkan sebanyak 48 Sampel dalam hal ini Siswa SMKN 4 Soppeng. untuk  mengetahui pengaruh Metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar maka digunakan analisis regresi linear sederhana.

Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Metode pembelajaran Daring terhadap Prestasi belajar siswa pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng, maka dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran daring berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng.

Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan  kepada  pihak SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng agar dalam meningkatkan Prestasi Belajar siswanya melalui forum pelatihan kepada guru tentang berbagai kreasi dan inovasi untuk menciptakan berbagai media pembelajaran online yang membuat siswa semakin senang dan tertarik untuk melakukan pembelajaran secara online.

References

Abu Muhammad Ibnu Abdullah. 2008. Prestasi belajar, (Online)/ http://specialistorch.com. Diakses 22 Januari 2018.

Abd Aziz dan Nana “Mobile LearningSebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah”, Jurnal Of Educational Research and Riview, Vol.3 No. 1

Abdul, & Sofyana. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. 2013. ... Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media. Online. Bandung. : Nuansa Cendikia

Andi Adawiah. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk perguruan tinggi. UPP STIM YKPN.
Andi Adawiah. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konflik dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. CV. Amerta Media. Jateng.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi. Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Bullen, M. (2001), E-learning and the Internationalization Education, Malaysian. Journal of Educational Technology 1(1), 37-46.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Dimyati Mudjono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Hendy Somantri. (2010). Akuntansi SMK Seri A. Bandung:CV. Armico

Fathurrohman, Pupuh Dan M Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama

Flinders University. Robert, A. dan Byrne, ... 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Magdalena, I. Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & (2020). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ SelfRegulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Rusman. (2009). Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafimdo Persada

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran elektronik (e-learning) dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa. FKIP Unswagati. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/271687-pembelajaran-elektronik-e-lear ning-dan-i-6d446601.pdf

Soekartawi. 2004. Prinsip Dasar Ekonomi Teori dan Aplikasi. Rajawali Persada Jakarta.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Solimun. (2002). Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan. Amos. Fakultas MIPA

Suharyadi & Purwanto.(2004). Metodologi Penelitian Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sukmadinata Syaodih Nana, 2009, Landasan Psikologi Proses Pendidikan,. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Published
2023-10-11
How to Cite
FebriliantiS., & WidyartiF. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK Negeri 4 Soppeng Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 192-200. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.227