Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK Negeri 4 Soppeng Kabupaten Soppeng
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Pembelajaran Daring berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng, sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Metode pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Soppeng, yang bertempat di Lappacabbu, Kelurahan Botto Kecamatan Lalabaata Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, Penentuan sampel menggunakan Teknik Perposive Sampling , yaitu teknik pengambilan sampel dengan criteria dan pertimbangan tertentu. Sehingga ditetapkan sebanyak 48 Sampel dalam hal ini Siswa SMKN 4 Soppeng. untuk mengetahui pengaruh Metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar maka digunakan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Metode pembelajaran Daring terhadap Prestasi belajar siswa pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng, maka dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran daring berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa pada SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng.
Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada pihak SMKN 4 Soppeng Kabupaten Soppeng agar dalam meningkatkan Prestasi Belajar siswanya melalui forum pelatihan kepada guru tentang berbagai kreasi dan inovasi untuk menciptakan berbagai media pembelajaran online yang membuat siswa semakin senang dan tertarik untuk melakukan pembelajaran secara online.
References
Abd Aziz dan Nana “Mobile LearningSebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah”, Jurnal Of Educational Research and Riview, Vol.3 No. 1
Abdul, & Sofyana. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86.
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. 2013. ... Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asep Syamsul M. Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media. Online. Bandung. : Nuansa Cendikia
Andi Adawiah. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk perguruan tinggi. UPP STIM YKPN.
Andi Adawiah. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konflik dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. CV. Amerta Media. Jateng.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi. Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish
Bullen, M. (2001), E-learning and the Internationalization Education, Malaysian. Journal of Educational Technology 1(1), 37-46.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar
Dimyati Mudjono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Hendy Somantri. (2010). Akuntansi SMK Seri A. Bandung:CV. Armico
Fathurrohman, Pupuh Dan M Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama
Flinders University. Robert, A. dan Byrne, ... 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Magdalena, I. Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & (2020). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ SelfRegulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081.
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Rusman. (2009). Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press.
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafimdo Persada
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran elektronik (e-learning) dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa. FKIP Unswagati. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/271687-pembelajaran-elektronik-e-lear ning-dan-i-6d446601.pdf
Soekartawi. 2004. Prinsip Dasar Ekonomi Teori dan Aplikasi. Rajawali Persada Jakarta.
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Solimun. (2002). Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan. Amos. Fakultas MIPA
Suharyadi & Purwanto.(2004). Metodologi Penelitian Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sukmadinata Syaodih Nana, 2009, Landasan Psikologi Proses Pendidikan,. Bandung:PT Remaja Rosdakarya