Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Mengunakan Metode Swot Matriks Ie Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus Warung Kopi Kopita)

  • Anastasia Eka Putra Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman  warung kopi kopita, strategi pemasaran apa yang tepat untuk warung kopi kopita dan strategi prioritas yang mesti dijalankan warkop kopita. sedangkan Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Warung Kopi Kopita, untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang paling tepat bagi Warung Kopi, dan untuk Mengidentifikasi alternatif strategi prioritas yang dapat jalankan melalui analisis QSPM untuk Warung Kopi Kopita. Penelitian ini dilakukan di Warkop Kopia Kabupaten Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan, Penentuan narasumber menggunakan mengunakan purposive sampling, merupakan teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan terntentu, sehingga narasumber dalam penelitian ini adalah pemilik warkop kopita dan seluruh pegawai warkop kopita dan konsumen warkop kopita,  sehingga jumlah narasumer 10 orang. Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman  warung kopi kopita, maka dilakukan metode Focus Group Discussion (FGD).  Tahap selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisis data dengan menyusun matriks IFE dan EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini diperoleh 5 kekuatan, 5 kelemehan, 5 Peluang, dan 5 Ancaman. Warung kopi kopita berada di kuadran I berdasarkan Matrik SWOT maka strategi prioritas yang dijalankan untuk Warung kopi Kopita yakni strategi Pogresif dengan skor TAS  , strategi1=6,53, strategi 2 Skor TAS=6,80, strategi3 Skor TAS = 5,07

References

Assauri, S. (2010). MANAJEMEN PEMASARAN (11th ed.). Jakarta: Raja Grafindo.
Bisjoe, A. R. H. (2018). MENJARING DATA DAN INFORMASI PENELITIAN MELALUI FGD (Focus Group Discussion): BELAJAR DARI PRAKTIK LAPANG. Teknologi Informasi ESIT Vol., 15(1).
Fuad, M., Christine, H., Nurlela, Sugiarto, & Y.E.F., P. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Manajemen (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Pratiwi, S. D., & Suriani, L. (2017). STRATEGI PEMASARAN PRODUK RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA PT. HARI REJEKI KITA SEMUA PEKANBARU. Valuta, 3. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/2078/1216
Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2001). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Septiani, R. A. D., Widjojoko, & Wardana, D. (2020). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Persada, III(3), 130–137.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataf & RND. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2021). Metode Kuantitatif Kualitatif dan RND (2nd ed.). Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, F. (2008). STRATEGI PEMASARAN (3rd ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2024-04-23
How to Cite
Eka PutraA. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Mengunakan Metode Swot Matriks Ie Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus Warung Kopi Kopita). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(1), 63-74. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i1.252