Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Batu-Batu

  • Asnia Minarti Universitas Lamappapoleonro
  • Puji Rahmah Universitas Lamappapoleonro
  • Surianti Surianti Universitas Lamappapoleonro
  • Amrial Amrial Universitas Lamappapoleonro
  • Imriani Idrus Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata
  • Salwa Salwa Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Batu-Batu., sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Batu-Batu. Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Batu-Batu yang berlokasi di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, penentuan responden dalam penelitian ini yaitu dengan metode purposive sampling, yakni penentuan responden dari populasi dengan kriteria tertentu. Kriteria untuk menentukan responden dalam penelitian ini diantaranya: Pasien rawat jalan minimal dua kali kunjungan pada Puskesmas Batu-Batu dan Pasien rawat jalan pada Puskesmas Batu-Batu yang berumur minimal 17 tahun. Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Batu-Batu, maka digunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisis regresi sederhana, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Batu-Batu. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel keandalan, bukti langsung, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Batu-Batu, baik secara parsial maupun simultan, maka dapat diberikan saran sebagai berikut Bagi Puskesmas Batu-Batu, Demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan pada Puskesmas Batu-Batu. Dalam hal ini penulis memberikan masukan kepada Puskesmas Batu-Batu diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pasien, sehingga para pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Batu-Batu dan bagi Peneliti, Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan untuk selanjutnya dapat menngunakan model penelitian yang berbeda dan lokasi penelitian yang berbeda. Selain itu, penelitian ini juga bisa dilanjutkan dengan menggunakan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien seperti dengan tingkatan kepuasan, dan juga dalam melayani pasien

References

Aini, Sukma et al. 2023. “Pengaruh E-Trust Dan User Interface Terhadap Repuchase Intention Produk Pada Marketplace ( Survei Pengguna Zalora Idonesia ).” 8(2): 328–39.
Asmini, Andi Adawiah, Umar. 2023. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng.” 8(2): 154.
Mansur, et al Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Batu Bata Di Desa Laringgi Kecamatan Marioriawa
Mansur, Pengaruh, and Andi Rahma Nur Alam. 2023. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan… Jurnal Mirai Management.” Jurnal Mirai Management 8(2): 237–46.
Rahmah, Puji et al. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Kawasan Wisata Permandian Alam Lejja.” Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi) 6(2): 174–82.
Surianti et al. 2023. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Bolu Cukke’ Sunrise-Q Soppeng.” Jurnal Mirai Management 8(3): 363–73
Surianti, Muchlis Abbas, Faldi Heryadi, and Universitas Lamappapoleonro. 2022. “PENGARUH IKLAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN.” 5: 101–6.
Published
2024-04-23
How to Cite
MinartiA., RahmahP., SuriantiS., AmrialA., IdrusI., & SalwaS. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Batu-Batu. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(1), 75-81. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i1.253