Pengaruh Media Sosial, Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Di Dunia Fantasi (Dufan)

  • Luna Sulistio Student
  • Ricky Talumantak Universitas ASA Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, citra destinasi dan persepsi harga terhadap Keputusan berkunjung di Dunia Fantasi. Populasi dalam penelitian ini adalah  pengunjung yang kebetulan ada atau tersedia ditempat penelitian. Dalam penelitian ini Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dengan memperoleh responden sebanyak 100 reesponden. Metode  survei  untuk mengumpulkan  data  dalam  penelitian  menggunakan kuesioner terstruktur, untuk analisis  hubungan  hipotesis dalam model penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda serta bantuan software SPSS versi 20. Survei untuk penelitian ini dimulai pada bulan Febuari 2024 hingga maret 2024 di Dunia Fantasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa  media sosial, citra destinasi, persepsi harga secara partial berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan berkunjung di Dunia Fantasi dan media sosial, citra destinasi, persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan berkunjung di Dunia Fantasi

References

Andreani, D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Sosial Media dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung. Journal Of Tourism and Education, 7(1), 1–12.
Arifiansyah, R., & Saragih, D. R. U. (2022). The Role of social media And Destination Image on Visiting Decision : A Case Study in Taman Mini Indonesia Indah. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5, 12745–12763. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5117 12745
Ayu, J. P. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223. http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1478
Baloglu, S., & McCleary, K. W. (1999). A Model of Destination Image Formation. Annals of Tourism Research, 26.
Chi, C. G. Q., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. Tourism Management, 29(4), 624–636. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.06.007
Dewi, N. P. W., & Mertayasa, I. G. A. (2023). The Effect of Tourism Attraction , Facilities and Social Media on the Decision to Visit Tourists to Taman Denbukit Camping Ground , Sukasada District , Buleleng Regency , Bali * Corresponding Author : demertayasa1970@gmail.com. 02(01), 33–46.
Eddyono, F. (2019). Pengelolaan Destinasi Pariwisata (Edisi Pert). Uwais Inspirasi Indonesia.
Foroudi, P., Akarsu, T. N., Ageeva, E., Foroudi, M. M., Dennis, C., & Melewar, T. C. (2018). Promising The Dream : Changing destination image of London through the effect of website place. Journal of Business Research, 83(April 2017), 97–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.10.003
Gumay, P. E. M., & Siahaan, S. L. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Floating Market Lembang. 17(2), 1–13.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (cetakan pe). Unitomo Press.
Irfan, A., & Sausana, I. G. A. K. G. (2021). The Effect of Bundling Strategy, Price Perception, and Brand Image on Purchase Decisions (Study on Local Fast Food Retailers in Bali Indonesia). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 295–299. https://doi.org/2378-703X
Kalalo, S. N. A., Moniharapon, S., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Produk Wisata, Persepsi Harga dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Camp James Remboken. Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 10(4b), 382–392.
Khatib, F. (2016). The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region Ibn Rushd College for management Sciences Need recognition Literature Review : 7(4), 41–50.
Kotler, P. &, & Amstrong, G. (2018). Principles of MARKETING 17edision. In Pearson Education.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardini (eds.); Edisi Kedu). PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran (W. Maulana, Adi; Barnadi, Devri; Hardani (ed.); Edisi kedu). Penerbit Erlangga.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (L. Albelli (ed.); Edisi Ketu). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management (S. Wall (ed.); 6th Editio). Pearson Education Limited.
Mareta, R. K., Farida, N., & Dewi, R. S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung melalui Electronic Word Of Mouth (Studi pada Pengunjung Wisata Eling Bening). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 33–40. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33569
Petrick, J. F. (2004). The roles of quality, value and satisfaction in predicting cruise passengers’ behavioral intentions. Journal of Travel Research, 42(4), 397–407. https://doi.org/10.1177/0047287504263037
Pijoh, I. F. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap keputusan Berkunjung Wisatawan di Kota Tomohon. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Pitana, I. G., & Diarta, K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata (S. Suyantoro (ed.)). CV. Andi.
Prasad, S., Garg, A., & Prasad, S. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment. Marketing Intelligence and Planning, 37(4), 372–385. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070
Rehmani, M., & Khan, M. I. (2011). The Impact of E-Media on Customer Purchase Intention. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 2(3), 100–103. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2011.020317
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen (W. Nikoemus (ed.)). CV. Andi.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (Edisi Ketu). PT. INDEKS Permata Puri Media.
Sudaryono, D. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Pemasaran (Cetakan Pe). Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Manajemen (M. p. Setiyawami (ed.); cetakan ke). Alfabeta, cv.
Vongurai, R., Elango, D., Phothikitti, K., & Dhanasomboon, U. (2018). Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Trust Influence Purchase-Decision Involvement in Using Traveling Services. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(4), 32–37. www.apjmr.com
Wardana, W. (2017). Strategi Pemasaran (Cetakan Ke). Penerbit DEEPUBLISH.
Zahra, F. A., & Paludi, S. (2023). Pengaruh Media Sosial, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Mujigae. Jambura, 6(2), 676–685. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Published
2024-10-10
How to Cite
SulistioL., & TalumantakR. (2024). Pengaruh Media Sosial, Citra Destinasi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Di Dunia Fantasi (Dufan) . Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(2), 298-309. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i2.282