Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Misi Pasaraya Soppeng

  • Andi Jenni Indriakati Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Perusahaan harus memiliki mekanisme yang efektif untuk menangani keluhan pelanggan, menyediakan saluran komunikasi yang terbuka, dan memberikan respons yang cepat dan solutif. Dengan mengatasi keluhan pelanggan dengan serius, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, mempertahankan kepuasan pelanggan, dan menghindari risiko kehilangan pelanggan secara berkelanjutan. Apabila pelanggan merasa tidak puas maka ia akan menceritakannya pada setiap orang. Dengan merancang strategi pemasaran yang tepat menggunakan bauran pemasaran, perusahaan dapat memposisikan produk atau jasa mereka secara efektif di pasar, membangun keunggulan kompetitif, menarik pelanggan potensial, mempertahankan pelanggan yang ada, dan menghadapi persaingan dengan lebih baik. Penting bagi perusahaan untuk melakukan analisis pasar dan memahami kebutuhan pelanggan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap keputusan pembelian pada Misi Pasaraya Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara terperinci. Metode penelitian deskriptif digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi yaitu dengan cara mengumpulkan data, klasifikasi, analisis, kesimpulan, dan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, responden yang memberikan penilaian terhadap variabel lokasi, dalam hal ini lokasi Misi Pasaraya Soppeng Sewo, memiliki persepsi yang cukup baik. Mayoritas responden, yaitu 103 orang (69,9%), memberikan penilaian dalam kategori sedang terhadap variabel lokasi. Sebanyak 21 orang (14,2%) memberikan penilaian dalam kategori tinggi, sementara 24 orang (16,2%) memberikan penilaian dalam kategori rendah terhadap variabel lokasi

References

Abdullah, Thamrin & Tantri Francis. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Basu Swastha & Irawan. (2008). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: BPFE.
Bilson Simamora. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
Buchari Alma. (2007) . Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung: CV. Alfabeta.
Fandy Tjipto no. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fitria Sari dkk. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen pada Minimarket. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya ( Nomor 2). Hlm. 1-22
Hendri Ma'aruf. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Hermawan Kartajaya. (1996). Marketing Plus 2000. Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Husein Umar. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Imam Ghazali. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Philip Kotler. (1999). Prinsip-prinsip Pemesaran. Jakarta: Erlangga.
(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Marwan Asri. (2007). Marketing. Edisi 2. Yogyakarta: AMP YKPN.
Marrus, Stephenie K. (2002). Building The Strategic Planetisimal: Find Analyze, And Present The Right Information. Wiley. USA.
M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Puspasari. (2007). Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembeli Konsumen pada Minimarket di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya (Nomor 2 Tahun 2010). Hlm. 87-107.
Rambat Lupiyoadi. (2013). Manejemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Ristiyanti Prasetijo & John J.O.I Ihalauw. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ratih Hurriyati. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta: Bandung.
Roki Pariyanto. (2012). Pengaruh Variabel Ritail Mix terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Minimarket Indomaret di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Saifaruddin Alwi. 2001. Manejemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.
Singgih, Santoso & Fandy Tjiptono. (2005). Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sofjan Assauri. (2004). Manejemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sunadi. (2000). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Berbelanja di Pusat Perbelanjaan Pantai Perak Banda Aceh. Jurnal Manejemen dan Bisnis, Vol. 02, No. 01: 15-31.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Publisher.
Sutisno Hadi. (2001). Metodologi research untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis, dan Disertai, Jilid Tiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sweeney, J. C 2008. Congnitive Dissonance After Purchase: A multidimensional Scale. Journal of Psychology & Marketing
Published
2021-04-30
How to Cite
IndriakatiA. J. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Misi Pasaraya Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 4(1), 83-89. https://doi.org/10.57093/metansi.v4i1.301