Perspektif Hubungan Antara Sosioekonomi Dengan Lingkungan Hidup Terhadap Masyarakat

  • Zelvi Laga Politeknik Banggai Industri
  • Yusri Yusri AMIK Luwuk Banggai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan masyarakat berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya. aktivitas ekonomi menggunakan dan memanfaatkan asal daya buat produksi serta konsumsi dapat menjadikan positif maupun negatif bagi kehidupan masyarakat. Akibat positif yang langsung dapat dirasakan ialah terpenuhinya kebutuhan barang serta jasa yang diupayakan terus semakin tinggi dari tahun ke tahun. Lebih banyak barang dan jasa yang diproduksi serta dikonsumsi menunjukkan peningkatan kemakmuran masyarakat. dampak negatif umumnya tidak dirasakan langsung yaitu timbulnya pencemaran serta kerusakan lingkungan. dampak pencemaran lingkungan mengurangi kualitas hayati manusia yang bisa menghambat kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memakai metode kepustakaan. yang akan terjadi pertanda bahwa Kelestarian lingkungan ialah artinya sesuatu yang tak dapat ditawar lagi buat memastikan kebutuhan ekonomi generasi kini tanpa mengorbankan daya dukung lingkungan bagi generasi mendatang. Menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya dibutuhkan buat membatasi polusi, tetapi pula buat memastikan ekoefisiensi dalam memenuhi kebutuhan generasi sekarang. asal pembahasan dalam penelitian ini, bisa diketahui bahwa pencemar tidak hanya terbatas di perusahaan dan individu lainnya, namun termasuk pula pemerintah, contohnya

References

Andi Ilham Samanlangi, Ramli, Enggar, Dkk. (2022). Buku Ajar: Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dunia Usaha & Dunia Industri. Jateng: CV. Amerta Media.
Astuti, T., Parenta, T., & Paddu, H. (2019). Peranan Kegiatan Industri Pengolahan Terhadap Pencemaran Lingkungan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Analisis , 49-56.

Burhanuddin. (2020). Integrasi Ekonomi Dan Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Yang Berkelanjutan. Jurnal EduTech , 11-17.
Gralfton, R.Q., Adamowicz, W., Dupont, D., Nelson, H., Hill, R.J., & Renzetti, S.(2021). The economics of the environment alnd nalturall resources. Calrlton:Blalckwell Publishing.

Idris. (2019). Environmentall Kuznets Curve: Bukti Empiris Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Dan Kualitas Lingkungan Di Indonesia. Jurnal Penelitian dan pengembangan , 1-17.
Ikram, Ramli, Haslinda, Dkk.(2023) Buku Ajar Etika Profesi Dan Etos Kerja: K3, Motivasi Kerja, Dan Psikologi Kerja. Jateng: CV. Amerta Media.

Mariyono, J. (2020). Penerapan Ilmu Ekonomi Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan . Jurnal Organisasi dan Manajemen , 110-119.

Siregar, E. S., & Nasution, M. W. (2020). Dampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Di Kota Pejuang, Kotanopan). Jurnal Educltion and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 589-593.

Utinal, R. (2019). Pemanasan Global: Dampak Dan Upaya Meminimalisasinya. Geogralfi , 1-11.

W, H. S. (2019). Hubungan Antara Kelestarian Ekonomi Dan Lingkungan: Suatu Kajian Literatur. Binus Business Review , 841-850.
Wahyuni, H., & Suranto. (2021). Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar terhadap Pemanasan Global di Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan , 148-162.
Published
2024-10-17
How to Cite
LagaZ., & YusriY. (2024). Perspektif Hubungan Antara Sosioekonomi Dengan Lingkungan Hidup Terhadap Masyarakat. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(2), 398-403. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i2.322