Pengaruh Promosi Online Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Galery Café Soppeng

  • Surianti Surianti Universitas Lamappapoleonro
  • Puji Rahmah Universitas Lamappapoleonro
  • Asnia Minarti Universitas Lamappapoleonro
  • Muchlis Abbas Universitas Lamappapoleonro
  • Amrial Amrial Universitas Lamappapoleonro

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Promosi Online melalui Facebook terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Galery Cafe Soppeng.dan untuk mengetahui pengaruh Promosi Online melalui Instagram terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Galery Cafe Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei adalah suatu penelitian untuk mengumpulkan informasi.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Galery Cafe Soppeng, Pemilihan  sampel  menggunakan metode non probability sampling . Jumlah sampel adalah 60 responden,. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner (angket).. Uji analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil pengujian dengan regresi linear berganda maka dapat disimpulkan bahwa Iklan Online melalui Facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan jumlah Pelanggan pada Galery Cafe Soppeng dan Iklan Online melalui Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan jumlah pelanggan pada Galery Cafe Soppeng

References

A. Shimp, T. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Vol. 5). Jakarta: Erlangga
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, CarlMcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Djaslim, Saladin, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Linda Karya, Bandung
DjaslimSaladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
______________, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), ResearchMethodsfor Business and. Management, MacMillanPublishing Company, New York
H. Simatupang Taufik, 2004. Aspek Hukum Periklanan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen, Ctk. Pertama, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta
_____________, 2004, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo
____________.2007. Manajemen Pemasaran.Edisi 11 jilid 2. Alih bahasa : Benyamin Molan. Penerbit Indeks. Jakarta
____________, 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
____________. (2009). Manajemen Pemasaran (MarketingManagement)(Edisi 13). U.S.A : Pearson PrenticeHall.
Kotler, Philip & Kevin LaneKeller. 2005. Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, edisi bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip, A.B Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, 2001
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Laksono, F. 2008, Manajemen pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta
Lydia Mongi, etall. 2013. Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian kartu simpati telkomsel di kota manado.Vol 1 Nomor 4
Mawar Juita, “Pengaruh harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan lokasi terhadap Jumlah Nasabah BCSM Jakarta Barat” (Jakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2010).
Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Simamora, Bilson, 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen, cetakan ketiga, Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sistaningrum, 2002, Manajemen Penjualan Produk Widyaningtias Sistaningrum, Yogyakarta : Kanisius
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Administrasi, dilengkapi dengan Metode R&D, edisi revisi cetakan ketujuhbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung
Sustina. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
William J. Stanton. 2004. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh Jilid Kesatu. Jakarta: Erlangga.
Widiyanto, Joko. 2010. SPSS forWindows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS
Zikmud. William. G (1997), Business ResearchMethod, Orlando : The DrydenPress
Minarti, Asnia. 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng.” Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” 2(2): 31–37.

Rahmah, Puji, Aiman Muhtadbillah, and Nurdaya. 2021. “KEPUASAN PELANGGAN ” Studi Pada J & T Cabang Soppeng ”.” 4(April): 66–73.
Rahmah, Puji, Andi Baso Rajeng, and Erpiana. 2020. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Pengadaian (Persero) Kantor Cabang Watansoppeng.” Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen dan Akuntansi” 3(2):46–52.https://journal.metansi.unipol.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/view/106%0Ahttps://journal.metansi.unipol.ac.id/index.php/jurnalmetansi/article/download/106/100.
Surianti, Muchlis Abbas, Faldi Heryadi, and Universitas Lamappapoleonro. 2022. “Pengaruh Iklan Online Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan.
Published
2024-10-30
How to Cite
SuriantiS., RahmahP., MinartiA., AbbasM., & AmrialA. (2024). Pengaruh Promosi Online Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Galery Café Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(2), 447-455. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i2.340