Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Perilaku Keuangan, Dan Persepsi Terhadap Perkembangan Usaha ( Studi Literatur Pada Industri Umkm )

  • Devi Liga Pratama Universitas Bina Insan
  • Dheo Rimbano Universitas Bina Insan
  • Sri Utari Universitas Bina Insan
  • Suci Rahmawati Universitas Bina Insan
  • Kharisma Putra Universitas Bina Insan
  • Muhammad Zikri Habibun Rahman Universitas Bina Insan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana gaya hidup, perilaku keuangan dan persepsi dapat mempengaruhi perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada UMKM di Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup positif berdampak besar terhadap pengelolaan keuangan UMKM, dimana pelaku UMKM yang menjalani gaya hidup sederhana cenderung lebih mahir dalam mengelola keuangannya. Selain itu, tindakan keuangan yang cermat seperti merencanakan dan mencatat keuangan juga terbukti meningkatkan kinerja bisnis. Pandangan optimis terhadap peluang pasar dan bantuan dari pemerintah telah memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan dan kemajuan usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar UMKM meningkatkan kemampuan literasi keuangan dan mempertimbangkan gaya hidup guna memperkuat landasan pengelolaan usahanya

References

Acha Bella Firdayanti, E. P. (2024). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat UMKM untuk Bertransaksi Menggunakan Fintech/Financial Technology Sebagai Layanan Pembayaran Digital : Studi pada UMKM Kabupaten Nganjuk. Economic Reviews Journal, https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.359, 3(3).
Aditya, R. (2023). Pengaruh Persepsi terhadap Pengembangan Usaha UMKM. Universitas Indonesia.
Agustina, F. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Indonesia. Universitas Negeri Surabaya.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.
Bentar Kusdimanto, W. N. (2022). REVIEW PERAN INKLUSI KEUANGAN BERBASIS FINTECH DAN PERILAKU KEUANGAN UNTUK PERTUMBUHAN UKM. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika https://doi.org/10.55606/ju, 1(1), 50–60 .
Dwi Astuti, M. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM DI KECAMATAN BOJONGMANGU. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p51-64, 11(1), 51–64.
Dwi, I. L. (2021). Pengelolaan Keuangan UMKM yang Efektif. Universitas Gadjah Mada.
Eferyn, K. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan UMKM Di Kecamatan Trenggalek. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), . https://doi.org/10.31539/costing.v6i1.4812, 6(1), 1045–1051.
Erawati, A. N. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN EFEKTIVITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) (STUDI KASUS: UMKM DI KABUPATEN BANTUL). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia https://doi.org/10.31629/jiafi.v4i2.3253, 4(2), 65.
Fakultas Bisnis Akuntansi, U. K. (2012). Gaya Hidup, Orientasi Pilihan Strategi dan Pengambilan Keputusan Usaha Pada UMKM di Kota Palembang. GEMA : Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntasi https://doi.org/10.47768/gema.v13i2.238, 13(2), 73-84.
Fatoki, O. (2014). The Impact of Entrepreneurial Orientation on the Success of Small and Medium Enterprises in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences , 5(3), 41-52.
Fitria, I. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Palembang. Konsumen & Konsumsi. Jurnal Manajemen, https://doi.org/10.32524/kkjm.v3i1.1116, 3(1), 545–567.
Greenhaus, J. H. (2011). Work-Family Balance: A Review and Extension of the Literature. Journal of Vocational Behavior, 340-355.
Harris, M. (1991). "The Theory of Capital Structure". Journal of Finance, 46(1),, 297-355.
Hermanto, H. (2023). Investasi dalam Pengembangan SDM untuk Kinerja UMKM yang Lebih Baik. Universitas Negeri Malang.
Hidayah, N. (2022). Dampak Perilaku Finansial terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM di Indonesia. Universitas Negeri Jakarta.
Hsu, C.-L. C.-Y.-S. (2017). The Impact of Environmental Awareness on Consumer Purchasing Behavior: A Case Study on Green Products. International Journal of Consumer Studies, 586-597.
Ija, M. I. (2014). Kreativitas dan Inovasi dalam Pengembangan UMKM. Universitas Indonesia.
Ilham, Z. Y. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Gresik. Jurnal Sains dan Teknologi, https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1530, 5(1), 296-304.
Indonesia., E.-c. (2022). Laporan Pertumbuhan E-commerce di Indonesia. Retrieved from E-commerce Indonesia official website .
Japa, M. Y. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DINOYO. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 4(3), 54-64.
Kautsar, A. (2023). PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Wilayah Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Tahun 2022). JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3154–3167.
Kotler, P. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Kurniawan, R. (2020). Kurniawan, R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , 7(2), 123-135.
Lusardi, A. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature. The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 5-44.
Mangold, W. G. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix. Business Horizons, 357-365.
Marsenta, G. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Depok. Innovative: Journal Of Social Science Research, https:/doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10622, 4(2), 9066–9081.
Meyola Krisma Agatha, N. N. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL RESILIENCE PADA UMKM (Studi Pelaku UMKM di Kelurahan Ngagel Surabaya). Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 170-187.
Mursidah, I. (2023). Strategi Mengembangkan Gaya Hidup Halal di Banten: Pengembangan Industri Produk Halal dan Kesadaran Bersyariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1) 893-904.
Nofranita, W. N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Teknologi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM. Jurnal Akademi Akuntansi Indonesia Padang, https://doi.org/10.31933/xmwq6905, 4(1), 80–95.
Nugroho, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha terhadap Standar Akuntansi dan Pengembangan UMKM. Universitas Gadjah Mada.
Nurcaya, I. N. (2020). Sikap Etnosentrisme Memoderasi Pengaruh Product Knowledge, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2020.v14.i01.p06, 14(1), 54.
Nurdiati, Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan & Gaya Hidup Terhadap Perkembangan UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lebak. TheJournalish: Social and Government, 5(3), 306-311.
Nurhaliza, N. I. (2023). ANALISIS PERSEPSI PELAKU UMKM TERHADAP LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK-EMKM PADA UMKM DI SEMBALUN BUMBUNG. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, https://doi.org/10.29303/risma.v3i1.374, 3(1), 46–53.
Octaviano, R. S. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN TENAGA KERJA UMKM DI KECAMATAN KOTA LAMA KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10306, 4(2), 397–417.
OJK. (2020). Laporan Tahunan 2020. Retrieved from OJK official website. https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx.
Pamungkas, A. P. (2019). Persepsi, Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Pada UMKM]. AFRE (Accounting and Financial Review), https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3729, 2(2), 107–112.
Pasha, T. A. (2022). PERSEPSI DAN PEMAHAMAN PELAKU USAHA TERHADAP PENTINGNYA SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN PADA UMKM DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Daya Saing, https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i2.954, 8(2), 204–213.
Pradipto, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pelaku UMKM dalam Penyusunan Laporan Keuangan dengan Aplikasi Si Apik. Politeknik Keuangan Negara STAN. Peningkatan Kompetensi Pelaku UMKM dalam Penyusunan Laporan Keuangan dengan Aplikasi Si Apik, Politeknik Keuangan Negara STAN.
Pramono, S. (2021). Pengaruh Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 10(1), 23-25.
Prawiga, H. P. (2024). LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PELAKU UMKM. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1462-1477.
Putri, D. (2021). Sikap Keuangan dan Pengelolaan Keuangan yang Sehat pada UMKM. Universitas Airlangga.
Putri, N. A. (2019). Pengaruh Jaringan Sosial terhadap Kinerja UMKM . Universitas Airlangga.
Qurrota A’yun, Q. A. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CASH ON DELIVERY (COD) PADA PELAKU UMKM DI SIDOARJO. GREENOMIKA, https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2021.03.2.6, 3(2), 98-105.
Rahayu, S. (2021). Manajemen Strategis untuk UMKM. Penerbit Andi.
Rasjid, H. S. (2024). Pengaruh Literasi keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Pelaku UMKM Makanan Dan Minuman Kota Gorontalo. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1748, 10(1), 22–31.
Riana, I. R. (2021). PENGARUH PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM, PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM KOTA YOGYAKARTA. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah dan Audit, https://doi.org/10.12928/j.reksa.v8i1.3871, 8(1) 59.
Rizki, Y. (2022). Meningkatkan Akses Pembiayaan melalui Laporan Keuangan yang Baik. Universitas Airlangga.
Safitri, A. N. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PELAKU UMKM TERHADAP LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v5i1.3614, 5(1), 30.
Salsa Bila Kusuma Firdausy, D. D. (2024). Pengaruh Persepsi Qualitas, Brand trust, dan Brand satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada UMKM di Sektor Pemasaran Produk Makanan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, https://doi.org/10.58812/smb.v2i03.417, 2(03), 179-184.
Santiago, M. D. (2021). Persepsi dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan pada UMKM. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34373, 9(1), 199.
Sari, A. (2020). Pandangan Positif terhadap Peluang dan Inovasi pada UMKM. Universitas Padjadjaran.
Sari, A. (2021). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM. Universitas Padjadjaran.
Sari, D. M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Finansial Teknologi, Dan Sikap Keuangan Terhadap Minat Belanja Di E-Commerce:(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Pengguna Aplikasi Shopee) . CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 87-99.
Sari, T. N. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada.
Schultz, T. W. (1975). "The Value of the Ability to Deal with Disequilibria". Journal of Economic Literature, 13(1), 1-25.
Setiawan, D. (2020). Signifikansi Penerapan SAK EMKM untuk Pengembangan Usaha. Universitas Indonesia. .
Suryana, Y. (2017). Pendidikan Kewirausahaan: Kunci Sukses Pengusaha UMKM. Universitas Gadjah Mada.
Susanti, A. (2018). Tingkat pendidikan, literasi keuangan, dan perencanaan keuangan terhadap perilaku keuangan UMKM di Surakarta. Telaah Bisnis, 18(1).
Timmons, J. A. (2016). New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century. McGraw-Hill Education.
Utami, A. A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Kota Bengkulu. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.8120, 7(3), 5365–5377.
Wibowo, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Permodalan Terhadap Kinerja Usaha dalam Meningkatkan Keberhasilan UKM. Jurnal Ilmiah Akuntansi, https://doi.org/10.30595/kompartemen.v18i2.8927, 18(2).
Widiastuti, S. (2021). Motivasi Pengusaha UMKM dalam Menghadapi Perubahan. Universitas Diponegoro.
Widyanti, R. (2020). Strategi Diferensiasi dalam Menarik Pelanggan untuk UMKM. Universitas Indonesia.
Published
2025-04-22
How to Cite
PratamaD. L., RimbanoD., UtariS., RahmawatiS., PutraK., & Habibun RahmanM. Z. (2025). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Perilaku Keuangan, Dan Persepsi Terhadap Perkembangan Usaha ( Studi Literatur Pada Industri Umkm ). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 8(1), 49-57. https://doi.org/10.57093/metansi.v8i1.347