Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Saromase

  • Puji Rahmah Universitas Lamappapoleonro
  • Surianti Surianti Universitas Lamappapoleonro
  • Asnia Minarti Universitas Lamappapoleonro
  • Amrial Amrial Universitas Lamappapoleonro
  • Imriani Idrus Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Café Saromase, sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Saromase Soppeng. Penelitian ini dilakukan pada Café Saromase yang berlokasi di Cikke’e, Kelurahan Lalabata Rilau, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Sedangkan waktu penelitian ini kurang lebih tiga bulan, penentuan responden dalam penelitian ini yaitu dengan metode non-probability sampling, yakni dengan menggunakan metode slovin yaitu sampel yang digunakan sebanyak 72 responden. Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Café Saromase, maka digunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil analisis regresi sederhana, dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Café Saromase. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa dari hasil persamaan regresi linear sederhana diatas dapat dilihat nilai konstanta atau a=19.780 artinya ada pengaruh strategi pemasaran maka kepuasan konsumen tetap bernilai 19.780. Dalam hal ini, penulis memberikan kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran memiliki pengaruh signifikan secara statistik, produk, harga, tempat, dan promosi secara bersama sama tidak terpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan saran yaitu sebaiknya pihak pihak cafe lebih meningkatkan strategi pemasaran sehingga konsumen tertarik dan lebih sering berkunjung ke Café Saromase

References

Adawiah, A. M. S. D. M. (Konflik dan P. S. D. M. (2023). Sumber Daya Manusia (Konflik (M. S. Dr.Asmini, SE. & M. S. Yusri, S.Sos. (eds.); I). Amerta Media.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Alfabeta, Bandung.
Adawiah, Andi Manajemen Sumber Daya Manusia (Konflik dan Produktivitas Sumber Daya Manusia). Sumber Daya Manusia (Konflik. Edited by M.Si Dr.Asmini, SE. and M.Si Yusri, S.Sos., I, Amerta Media, 2023, https://drive.google.com/file/d/1GtDsRtr5DBvKD9hSQKW9uc0uaLj3kSrI/view?usp=sharing.
Muchlis Abbas, Asnia Minarti, Umrah T. “Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Sulawesi Soppeng.” Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen Dan Akuntansi, vol. 5, no. April, 2022, pp. 49–56.
Puji Rahmah, Muhammad Alamsyah Ramli, Nursakia. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Yayasan Pendidikan An-Nailah Soppeng. no. December 2020, 2023, pp. 56–63, https://doi.org/10.52062/jakd.v14i2.1457.
Surianti, et al. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Bolu Cukke’ Sunrise-Q Soppeng.” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 3, 2023, pp. 363–73.
Ashari, Anwar 2009. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang).
Buchori, Achmad dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran (Edisi. Pertama). Bandung Afabeta.
Buchory, Herry Achmad & Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran: Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.
Budianto, Apri. 2017. Manajemen Operasional. Penerbit Ombak
Churchill. 2012. Marketing Research Methodological Foundations. Departemen Pendidikan Nasional.
Claycomb, et al. 2012. Building Costumer Relationship: An Inventory of.
Febriandini, Indah dan Piguno, Amrih. 2018. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Anomali Coffe kemang .
Gasperz, 2015. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Handoko, 2013. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Cetakan Kelibas, Yogyakarta.
Harahap, D. A., Amanah, D., 2018. Pengantar Manajemen, Researchgate.
Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara Hasibuan, Malayu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Heru, Hevri. 2016. Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi kasus pada pengguna sepeda motor Yamaha di Kota Tangerang). Jurnal.Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Isyanto, Puji. Rismayadi Budi. 2012. Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Pecel Lele Lela Cabang Karawang. Jurnal Manajemen, Vol. 10. No 4 Juli 2012.
Kartajaya, Hermawan,. 2010. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunggan Anak. 2016. Statistik Gender Tematik: Potret Ketimpangan Gender dalam Ekonomi. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta. Erlangga. Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Prnciples of Marketing 15”. Pearson New Jersey: Pearson.
Lupiyoadi,R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Mukarram, V.E Fillayata. 2020. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada road café steak dan pasta bandung).
Munawati, Rizky. 2018. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada 3R Family karaoke. Universitas Muhammadiya Makasassar. Skripsi.
Naim, Muh. Rezky dan Asma.2019. Pengantar Manajemen. Pasuruan: Cv Penerbit Qiara Media
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang.
Oliver, R. 2010. Satisfaction: a Behavioral Perspective on the Customer, 2nd. Edition. New York: Routledg
Surianti, et al. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Bolu Cukke’ Sunrise-Q Soppeng.” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 3, 2023, pp. 363–73.
Published
2025-04-29
How to Cite
RahmahP., SuriantiS., MinartiA., AmrialA., & IdrusI. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Saromase. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 8(1), 151-159. https://doi.org/10.57093/metansi.v8i1.380