Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Umkm Pada Bumdes Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan volume penjulaan produk UMKM BUMDes Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng, sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Strategi Pemasaran terhadap peningkatan volume penjulaan produk UMKM BUMDes Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan pada BUMDes Desa Mattabulu yang terletak di Cirowali, Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian produk pada BUMDes Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng dalam 6 (enam) bulan terkahir yang jumlahnya tidak diketahui., Penentuan sampel menggunakan teknik Metode purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 43 Responden. Untuk mengetahui pengaruh pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Volume penjualan, maka digunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan di BUMDes Desa Mattabulu Kabupaten Soppeng. Peningkatan efektivitas penerapan strategi pemasaran, meliputi aspek harga, promosi, kualitas produk, dan saluran distribusi, secara nyata dapat meningkatkan volume penjualan produk BUMDes. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka Pengelola BUMDes Desa Mattabulu disarankan untuk terus mengembangkan dan mengoptimalkan strategi pemasaran secara menyeluruh dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik konsumen lokal. Selain itu, BUMDes perlu melakukan evaluasi rutin serta inovasi dalam metode promosi, kualitas produk, dan saluran distribusi agar volume penjualan dapat meningkat secara berkelanjutan dan kompetitif di pasar lokal
References
Deliyanti, O. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang PRESSindo.
Mamonto, Tumbuan, & Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 110–121.
Minarti, A., & Press, B. (2025). TRANSFORMASI PEMASARAN ( Dari Strategi Klasik Ke Era Digital Dan Konsumen Cerdas ) (Issue August).
Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda). Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 1–13.
Panjaitan, A. (2018). Analisa Pengaruh Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Pada Karyawan di PT . Sanjaya Sejahtera. Jurnal Industri Kreatif, 2(5).
Puji Rahmah, Surianti, Asnia Minarti, Amrial, I. I. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Metansi, 8(April), 151–159.
Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood(Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.











