Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT.Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng
Abstract
PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Mobil, untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, serta untuk meningkatkan penjualan Mobil, maka perusahaan perlu melakukan evaluasi mengenai penetapan harga dan biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Berdasarkan data mengenai harga jual dan biaya promosi pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng, maka rata-rata perkembangan harga jual yang ditetapkan sebesar Rp.173.600.000, dimana harga jual yang ditetapkan mengalami peningkatan setiap tahunnya, sedangkan rata-rata perkembangan biaya promosi sebesar Rp.43.130.000,- menurunnya biaya promosi sehingga menyebabkan volume penjualan Mobil menurun. Dari permasalahan ini dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan Mobil pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng. Regresi linear berganda digunakan untuk menetukan kesimpulan bahwa Variabel Harga dan Promosi Memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Volume Penjualan, hal ini dibuktikan dengan nilai nilai t Hitung > t tabel dengan signifikansi yang < 0,0. Dari hasil analisis korelasi antara harga dan biaya promosi, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dalam peningkatan volume penjualan sebab r = 0,996, sedangkan R2 = 0,993 yang artinya ada pengaruh dan hubungan yang simultan antara harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan Mobil Merek Mitsubishi Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng dan untuk meningkatkan volume penjualan, perusahaan perlu meningkatkan anggaran promosi secara signifikan dan penggunaan media yang paling tepat