Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa yang Menjadi Pertimbangan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada STMIK Lamappapoleonro Soppeng)
Abstract
Pendidikan Tinggi sebagai salah satu komponen dan pelaku utama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa mempunyai tanggungjawab dan peran yang sangat stratagis untuk mengambil bagian dalam usaha menciptkan sumber daya manusia yang berkualitas, melalui peningkatan mutu dan kompetensi lulusannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis menganalisis faktor bauran pemasaran jasa (marketing mix) yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi, (2) Mengetahui variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap terhadap minat mahasiswa memilih perguruan tinggi STMIK Lamappapoleonro Soppeng. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data prier dan sekunder. Variabel dalam penelitian ini meliputi; product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), dan keputusan mahasiswa terhadap bauran pemasaran jasa (Y). Selanjutnya dilakukan analisis regresi linear berganda metode ordinary least square (OLS) menggunakan microsoft excel dan SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan (bersama-sama) seluruh variabel bauran pemasaran yang meliputi product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STMIK Lamappapoleonro Soppeng, (2) Secara parsial (sendiri-sendiri) variabel bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih STMIK Lamappapoleonro Soppeng adalah product, price, promotion, place, dan people, (3) Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih STMIK Lamappapoleonro Soppeng adalah price, promoton, dan people. Olehnya itu, bauran pemasaran jasa lebih ditingkatkan dan difokusukan pada STMIK Lamappapoleonro Soppeng adalah strategi bauran physical evidence, dan process