Strategi Pemasaran Tepung Mocaf Sebagai Bahan Subtitusi Tepung Terigu Pada Industri Pangan Olahan Di Makassar

  • Jumiati Nurdin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran tepung mocaf sebagai bahan subtitusi tepung terigu pada industri pangan olahan di Makassar. Metode yang digunakan  pada penelitian ini adalah menganalisa data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah dikumpulkan tentang strategi pemasaran tepung mocaf sebagai bahan subtitusi tepung terigu pada industri pangan olahan di Makassar meliputi bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Saluran distribusi, dan PromosiTepung Mocaf (Modified Casava Flour) adalah produk tepung dari ubi kayu yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu secara fermentasi. Harga dalam partai besar tepung mocaf sekitar Rp. 5000,-/kg sedangkan tepung terigu Rp. 7.500,-/kg (kelas bawah) dan Rp. 12.000,-/kg (kelas atas), sehingga dengan harga yang kompetitif tersebut tepung mocaf dapat dimanfaatkan sebagai bahan subtitusi tepung terigu. Tepung mocaf memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi dibandingkan dengan tepung lainnya sehingga dapat menjadi bahan promosi. Tepung mocaf memiliki banyak keunggulan baik dari segi fisik maupun manfaat terutama untuk mengatasi masalah kesehatan. Tepung mocaf tidak mengandung gluten sehingga baik dikonsumsi oleh penderita autis dan diabetes, karena dapat menjadi asupan yang kaya nutrisi dan sehat bagi penderita autis dan diabetes sehingga dapat digunakan sebagai bahan terapi yang alami, murah dan berkhasiat. Tepung mocaf cocok untuk aneka produk olahan kue, cake, bolu, biscuit, dan mie. Tepung mocaf disalurkan dari sentra-sentra poduksi langsung ke industri-industri yang membutuhkan.  Ketersediaan tepung mocaf tidak perlu dikhawatirkan karena tepung mocaf bukan bahan yang mudah basi sehingga  dapat digudangkan selama setahun bila dikemas baik dalam kemasan hampa udara (vacum sealer). Dengan demikian tepung mocaf layak untuk di ekspor. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pemasaran tepung mocaf sebagai bahan subtitusi tepung terigu pada industri pangan olahan memiliki potensi pengembangan pasar yang sangat tinggi berdasarkan bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi

Published
2018-10-31
How to Cite
Jumiati Nurdin. (2018). Strategi Pemasaran Tepung Mocaf Sebagai Bahan Subtitusi Tepung Terigu Pada Industri Pangan Olahan Di Makassar. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 1(2), 59-65. https://doi.org/10.57093/metansi.v1i2.66