Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng

  • Amrial

Abstract

Perusahaan PT. Bosowa Berlian Motor menyadari bahwa untuk mengambil keputusan pembelian, maka bauran promosi menjadi penting di dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk.  Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran promosi berupa periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personal dan penjualan langsung terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Bosowa Berlian Motor, dan (2) untuk mengetahui dan menganalisis diantara bauran promosi tersebut, yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Bosowa Berlian Motor. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 180 responden (full sampling). Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berga. Hasil penelitian menemukan bahwa bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personil dan penjualan langsung berpengaruh terhadap keputusan konsumen menggunakan produk pada PT. Bosowa Berlian Motor. Periklanan yang diterapkan sebagai bentuk pesan iklan yang diterapkan melalui publik presentation, pervasiveness, amplified expressiveness dan impersonality. Promosi penjualan yang diterapkan melalui customer promotion, trade promotion, sales-force promotion dan business promotion. Publisitas yang diterapkan melalui media cetak, elektrok, audio dan audio visual. Penjualan personil diterapkan berdasarkan presentase keputusan konsumen menggunakan produk, program insentif, sampel produk, sales promosi, demonstrasi dan door to door. Sedangkan penjualan langsung diterapkan melalui penerapan kualitas produk, transaksi yang mudah, sikap dan tanggapan positif kepada konsumen, keyakinan dan menciptakan tindakan pembelian

Published
2018-10-31
How to Cite
Amrial. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 1(2), 66-74. https://doi.org/10.57093/metansi.v1i2.67