Analisis Strategi Pemasaran Kelapa Hibrida Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng
Abstract
Pengembangan di sektor pertanian merupakan salah satu bagian dari program jangka panjang pemerintah, sehingga pemerintah terus berusaha menggalakkan usaha pertanian,diantaranya dengan menciptakan iklim usaha yang dapat menggugah dan menggairahkan partisipasi masyarakat,memicu lajunya pertumbuhan ekonomi dengan dukungan permodalan yang cukup. Salah satu jenis tanaman perkebunan rakyat yang bernilai jual ekonomis dan memiliki prospek yang bagus bila dikembangkan adalah kelapa Hibrida Mengingat dewasa ini Kelapa Hibrida merupakan salah satu komoditi andalan kabupaten Soppeng di sektor industri dalam pertanian atau lebih dikenal dengan istilah Agrobisnis. Salah satu daerah yang paling menonjol dalam produksi dan pemasaran kelapa hibrida di kabupaten Soppeng adalah Kecamatan Lalabata dengan 4 (empat) daerah yang menjadi sentra penghasil kelapa hibrida. Dimana wilayah tersebut memiliki potensi pengembangan akan tetapi sistem pemasarannya masih belum optimal. strategi pemasaran kelapa hibrida melalui bauran pemasaran yang lebih tepat,utamanya bauran distribusi karena semakin panjang saluran distribusi yang dipergunakan,maka akan semakin banyak biaya yang dibutuhkan sehingga menyebabkan akan semakin rendah harga yang dapat diperoleh para petani