Pengaruh Presepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Daging Sapi Di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan
Abstract
Konsumsi daging sapi di kab soppeng sulawesi selatan terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, meskipun pada tahun – tahun sebelumnya konsumsi daging sapi tidak pernah meningkat, malah cenderung menurun, perilaku dan kegemaran masyarakat dan lingkungan geografi yang mendukung akan perilaku mengkonsumsi daging sapi yang harganya tergolong tinggi,isu ini akan dibahas pada tulisan ini. Penelitian ini menjelaskan pengaruh antara persepsi harga dan kualitas produk dalam membedakan keputusan untuk mengkonsumsi [membeli atau tidak membeli] daging sapi di kab soppeng dengan mengambil sampel 43 orang pengunjung pasar sentral di kab soppeng, yang mewakili populasi pengunjung pasar dan melakukan analisis diskriminant untuk menguji variabel persepsi harga dan kualitas produk dalam membedakan keputusan untuk mengkonsumsi [membeli atau tidak membeli] daging sapi dengan menggunakan pendekatan theory dan empirikal untuk menjelaskan hubungan dari variabel tersebut. Pada penelitian ini ditemukan hubungan atau pengaruh persepsi harga secara parsiali atau dapat menpengaruhi keputusan untuk membeli atau tidak membeli artinya pada tingkat harga pembeli mampu membedakan kapan waktunya untuk membeli dan kapan waktunya untuk tidak membeli,begitu juga pada kualitas produk secara parsial mampu mempengaruhi keputusan pembeli untuk memkonsumsi [membeli atau tidak membeli] artinya produk yang berkualitas dan yang tidak berkualiatas mempengaruhi pembeli untuk membeli atau tidak membeli. secara multivariate kedua variabel persepsi harga dan kualitas produk mempengaruhi pembeli dalam mengkonsumsi daging sapi, dimana pada tingkat harga dan kualitas produk , pembeli mampu untuk membedakan kapan waktunya untuk membeli dan kapan waktunya untuk tidak membeli