Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng

  • Umar
  • Ariul Arief
  • Vendi Wiranugraha

Abstract

Rancangan pembelajaran yang kondusif akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang diinginkan. Akan tetapi sebaliknya, apabila materi pelajaran disampaikan secara monoton mengakibatkan siswa tidak tertarik untuk belajar dan kurang memiliki motivasi dalam belajar. SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng Merupakan Sekolah Menengah Pertama yang Mempersiapkan Siswanya untuk Mampu Menerima Pelajaran dengan baik, sehingga nanti diharapkan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada Sekolah Menengah atas yang berkualitas, hal ini tentu akan memberikan Dampak yang positif pada Kehidupan Siswa- siswinya kedepannya. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo, salah satunya adalah Motivasi Belajar. Hal ini dapat dilihat dari usaha mencapai nilai tertinggi dalam setiap mata pelajaran. Dari segi perilaku saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah, seorang siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi akan sangat rajin memperhatikan dan mengikuti pelajaran dibandingkan dengan siswa yang motivasinya rendah. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Variabel Motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar siswa SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.  Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi X lebih kecil dari taraf kesalahan (0.032 < 0,05).  Oleh  karena  itu,  hipotesis  (H) yang  menyatakan  bahwa  Variabel Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar siswa SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, secara statistik  dapat diterima

Published
2020-04-30
How to Cite
Umar, Ariul Arief, & Vendi Wiranugraha. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 3(1), 14-21. https://doi.org/10.57093/metansi.v3i1.91