Pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan semen pada PT. Lamappa jiwa abadi soppeng
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : Bagaimana pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan semen pada PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng. Analisis kuantitatif dengan Metode Moment digunakan untuk meramalkan volume penjualan semen pada PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng. Untuk 5 (Lima) tahun yang akan datang. Sedangkan analisis kualitatif didasarkan atas kebijakan harga dan promosi yang dilakukan oleh PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng Terdapat pengaruh yang signifikan antara volume penjualan setelah dan sebelum dilakukan dilakukannya promosi dan kenaikan harga, diman setelah ada promosi, maka penjualan semakin meningkat, artinya bahwa promosi penjualan yang dilakukan perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume penjualan, sedangkan setelah harga dinaikkan volume juga tetap, meningkat namun tidak secara signifikan. Dengan melihat perkembangan penjualan semen pada PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan ini cukup berhasil dalam mengelola efektifitas program pemasarannya khususnya dari unsur promosi dan penetapan harga jual. Karena volume penjualan rata-rata PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng mengalami peningkatan lima tahun terakhir yakni mulai Tahun 2015 sampai Tahun 2019