Analisis Strategi Pemasaran Pifang Pada Usaha Pifang Berkah Enrekeng

  • Surianti
  • Andi Rahma Nur Alam
  • Irnayani

Abstract

Salah satu industri rumah tangga yang menghasilkan Pifang adalah “Usaha Pifang Berkah”. Usaha ini sudah memproduksi  sejak sepuluh tahun yang lalu, namun memang seperti yang dikatakan tadi terkendala dalam hal pemasaran. Salah satu usaha yang coba dijalankan adalah memasarkan hasil produksinya ke toko-toko yang ada di Kabupaten Soppeng, baik itu di toko-toko besar maupun di warung-warung masyarakat. Dari hasil analisis marketing mix, ditemukan bahwa Usaha Pifang Berkah Enrekeng di  Kabupaten Soppeng belum menerapkan sepenuhnya apa yang di maksud dengan marketing mix karena memang masih di kelola dalam taraf industri rumah tangga, walaupun ada peningkatan dalam hal volume penjualan, namun seandainya marketing mix dijalankan dengan baik maka volume penjualan akan lebih meningkat hingga dapat pula berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkat pula. Dari hasil perhitungan least square meramalkan volume pifang pada Usaha Pifang Berkah Enrekeng di  Kabupaten Soppeng dari tahun ke tahun  mengalami peningkatan, maka dapatlah dikatakan bahwa prospek pemasaran pifang pada Usaha Pifang Berkah Enrekeng di  Kabupaten Soppeng sangat cerah

Published
2020-04-30
How to Cite
Surianti, Andi Rahma Nur Alam, & Irnayani. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pifang Pada Usaha Pifang Berkah Enrekeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 3(1), 58-66. https://doi.org/10.57093/metansi.v3i1.97