Pengaruh Harga Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’malaka Watansoppeng

  • Suhairi
  • Nurindah Novianti
  • Devi Suryatna

Abstract

Salah satu bisnis yang menghadapi persaingan ketat ialah bisnis cafe. Eksistensi cafe di Soppeng telah menjadi pemandangan sehari-hari khususnya di kalangan mahasiswa pada khususya dan mahasiswa pada umumnya. Salah satu cafe di Watansoppeng yang menarik perhatian saya adalah d’Malaka Cafe, yang terletak di Jl.Malaka Watansoppeng. Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah intensitas pengunjung yang datang setiap hari selalu ramai terutama pada saat malam hari. Selain itu d’Malaka dijadikan tempat berkumpul bagi para komunitas-komunitas yang ada di Watansoppeng. Suasana cafe merupakan salah satu faktor yang menunjang bisnis cafe dimana atmosphere yang ada dan tercipta membuat konsumen merasa berbeda untuk setiap cafe yang mereka datangi. Kepuasan konsumen akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari si pemberi jasa kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan oleh konsumen. Pelanggan yang sangat terpuaskan kemungkinan besar akan tetap setia walaupun mendapatkan penawaran yang menarik dari perusahaan pesaing. Dari uji t diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel dan tingkat signifikan < 0,05 untuk semua variasbel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga dan suasana cafe secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari uji F juga di ketahui bahwa F hitung > F tabel dan tingkat signifikasi < 0,05 sehingga dapatdisimpulkan bahwa variabel harga dan suasana cafe berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen

Published
2020-04-30
How to Cite
Suhairi, Nurindah Novianti, & Devi Suryatna. (2020). Pengaruh Harga Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’malaka Watansoppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 3(1), 67-73. https://doi.org/10.57093/metansi.v3i1.98